IDENTIFIKASI FAKTOR LINGKUNGAN KENYAMANAN THERMAL PADA RUANG RUANG DALAM KANTOR MARKETING DI JATIWANGI SQUARE

Main Article Content

Selbiana Yunita
Eka Widiyananto

Abstract

Kantor Marketing Jatiwangi Square merupakan tkantor pemasaran developer PT.Bangun Sakti Utama yang berlokasi di kawasan Jatiwangi Square, Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Jatiwangi Square adalah kawasan komersial terpadu pertama yang menggabungkan fungsi komersial dan hunian, kawasan tersebut berdiri di lahan seluas 10.6 Ha terdiri dari perumahan, pertokoan, pusat perbelanjaan dan hotel serta kavling komersial siap bangun. Kabupaten
Majalengka berada di iklim tropis lembab dan memiliki karakteristik suhu udara dan kelembaban udara yang tinggi, serta kecepatan angin yang rendah sehingga dalam perencanaan dan perancangan arsitektur haruslah adaftif terhadap karakteristik iklim tropis lembab tersebut agar kenyamanan termal dapat tercapai. Kenyamanan termal adalah suatu kepuasan pikiran yang manusia terhadap kondisi temperature di lingkungan sekitarnya. Tolak ukur kenyamana termal ialah keseimbangan antara suhu udara dan suhu tubuh manusia. Faktr-faktor yang mempengaruhi kenyamanann termal yaitu temperature udara, kecepatan angin, kelembaban udara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor lingkungan kenyamanan thermal pada ruang dalam kantor marketing jatiwangi square.. Penelitian dilakukan pada ruang dalam kantor marketing Jatiwangi Square selama 2 (dua) hari dengan melakukan pengukuran lapangan terkait faktor lingkungan termal. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor lingkungan kenyamanan thermal pada kantor marketing Jatiwangi Square belum optimal untuk mencapai kenyamanan termal.

Article Details

How to Cite
Selbiana Yunita, & Eka Widiyananto. (2023). IDENTIFIKASI FAKTOR LINGKUNGAN KENYAMANAN THERMAL PADA RUANG RUANG DALAM KANTOR MARKETING DI JATIWANGI SQUARE. Jurnal Arsitektur , 15(2), 99-103. Retrieved from http://ejournal.sttcirebon.ac.id/index.php/jas/article/view/139
Section
Articles