DISPLAY INTERAKTIF INFORMATIF MUSEUM BRIN DENGAN TEMA ADAPTASI EDUKASI

Main Article Content

Ridwan Adimaja
Ardhiana Muhsin

Abstract

Museum merupakan salah satu sarana pendidikan yang efektif untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat. Untuk meningkatkan efektivitas museum sebagai sarana pendidikan, perlu dilakukan kajian mengenai interaksi manusia dan ruang pada interior museum. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana interaksi manusia dan ruang dapat dirancang untuk mendukung tujuan museum sebagai sarana pendidikan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Bagaimana rancangan pada display interior museum BRIN itu dirancang.Hasil penelitian bertujuan menunjukkan bahwa desain display dapat mendukung interaksi manusia dan ruang terhadap desain interior Museum menjadi sarana pendidikan dirancang secara cermat untuk mendukung tujuan pendidikan pada museum. Ruang-ruang di museum didesain
untuk mengakomodasi berbagai kegiatan belajar, seperti eksplorasi, dan berdisukusi, Selain itu, ruang-ruang di museum juga didesain untuk mendorong interaksi sosial antar pengunjung. Selain itu, ruang-ruang di museum juga didesain dengan menggunakan berbagai media visual dan audiovisual yang dapat membantu pengunjung dalam memahami informasi yang disampaikan. Media-media ini dirancang secara menarik dan interaktif
sehingga dapat menarik perhatian pengunjung. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi manusia dan ruang dapat dirancang secara efektif untuk mendukung tujuan pendidikan pada museum. Rancangan ruang yang mendukung interaksi manusia dan ruang dapat mendorong pengunjung untuk lebih aktif dalam belajar dan berdiskusi.

Article Details

How to Cite
Ridwan Adimaja, & Ardhiana Muhsin. (2024). DISPLAY INTERAKTIF INFORMATIF MUSEUM BRIN DENGAN TEMA ADAPTASI EDUKASI. Jurnal Arsitektur , 16(2), 43-50. Retrieved from https://ejournal.sttcirebon.ac.id/index.php/jas/article/view/227
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)